\"\"
ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) foto bersama kepala sekolah

Esensi Kurikulum Merdeka ini adalah untuk menciptakan ruang bagi setiap individu, agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai fitrah atau keunikannya masing-masing. Setiap manusia tidak ada produk gagal dari Tuhan, dan setiap manusia punya keistimewaan dan punya ruang masing-masing yang disediakan secara fitrah. Dan tugas kita adalah membantu anak menemukan ruang yang sudah disediakan dalam kehidupan. Sehingga tidak ada anak yang tidak punya tempat dalam kehidupan. Keunikan setiap individu tersebut yang di tangkap oleh UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang untuk menyelenggarakan sekolah Inklusif.

Berdasarkan Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009, pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan bersama dengan peserta didik pada umumnya.

Melalui Kurikulum Merdeka, UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang mewadahi dan mengembangkan keunikan – keunikan  yang ada pada siswa, baik yang regular dan ABK.

Keunikan-keunikan di UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang 

  1. UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang satu-satunya sekolah di Sampang untuk SD yang melayani siswa regular dan ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)
  2. Sekolah memberi ruang untuk mengembangkan individu
  3. Sekolah mengembangkan minat, bakat untuk seluruh siswa termasuk ABK
  4. Sekolah menyadiakan pendamping untuk ABK yang disebut GPK (Guru Pendamping Khusus

Dalam mendampingi ABK hanya 2 ilmu yang dipakai dasar, yaitu:

  1. Ilmu sabar
    • Sabar, itulah ilmu paling sulit untuk ditempuh dan dipelajari, belajar nya juga tidak terbatas ruang dan waktu, karena bisa dimana saja dan kapan saja Barangsiapa mempunyai kesabaran dia lah sejatinya yang memenangkan hidup
  2. Ilmu Ikhlas
    • Ilmu ikhlas adalah dasar dari sebuah amalan

Keunikan-keunikan yang ada di UPTD SDN Gunung Sekar 2 dikembangkan dan dijadikan Motto sekolah ” KEUNIKAN DALAM HARMONI”.